Senin, 11 Februari 2019

Posisi Tidur Sehat dan Tips Tidur Nyaman

Semua orang sangat butuh tidur untuk meng-istirahat-kan badan dari beragam aktivitas dan untuk perbaikan tenaga seusai seharian bekerja dalam tiap rutinitas. Tidur juga sangat menolong supaya badan masih fit dan terhindar dari penyakit yang bakal mengganggu kesehatan.

Posisi Tidur Sehat dan Tips Tidur Nyaman

Adakalanya, kami diwajibkan masih terjaga (tidak tidur) saat badan telah lumayan lelah dan butuh recovery. Faktor ini pasti dengan cara tak langsung bakal mengdampakkan berbagai gangguan kesehatan bagi kita. Kadang, kami juga sedikit memaksa tidur meski posisi badan kami tak enjoy untuk tidur.

Nah, bagaimanakah Posisi tidur yang sehat? Silahkan lihat berbagai fakta mengenai tidur yang baik dibawah ini:

1. Tidur Menyamping
Tidur dengan posisi menyamping diyakini baik untuk kesehatan dan badan dengan cara menyeluruh. Dengan posisi menyamping, memang bisa mengurangi dengkur dan membikin tulang belang belakang bakal merenggang. Apabila Kamu tidur mendengkur, cobalah tidur dengan posisi menyamping. Suara dengkur Kamu bakal hilang. Tidur menamping juga sangat baik untuk bunda hamil, sebab dipercaya bisa melancarkan ajaran darah.

Namun, posisi menyamping juga ada ketidak lebihannya. Professor dermatologi di Saint Louis University, Dee Anna Glaser, MD berbicara dengan posisi tidur bisa membikin kerutan dan payudara mengendur.

2. Tidur Telentang
Inilah posisi tidur yang paling sehat dan bisa mencegah sakit leher, punggung, meminimalkan keriput dan sangat menolong untuk peredaran darah keseluruh badan. Ingat, tidur bukan berarti aktivitas sel kami juga ikut tidur.

Untuk tidur telentang, pastikan juga diposisi kepala Kamu terdapat bantal yang enjoy yang tak membikin tengkuk kamu terasa pegal. Dibawah lutut kamu juga tambahkan suatu  bantal. Dengan posisi semacam ini, posisi kepala Kamu lebih proporsional dengan tubuh dan pinggul lebih fleksibel dan lutut kamu bisa menanggung tekanan yang berasal dari sendi sacroiliac dan tulang belakang lumbar.

Selain mengenal posisi tidur sehat diatas, Kamu juga butuh untuk mengenal tutorial membikin kamu tidur enjoy dan nyenyak dengan beragam faktor dibawah ini:

1. Gangguan Tidur
Ada berbagai gangguan tidur yang membikin seseorang tak jarang tersadar di malam hari. Penderita tidak bisa tidur umpama, tak hanya susah untuk terlelap, tapi juga cenderung tersadar berbagai kali di malam hari. Gangguan tidur lainnya merupakan sleep apnea, yaitu gangguan pernafasan yang terjadi saat tidur, yang berjalan selagi lebih dari 10 detik. Ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan lebih dari 80% selagi lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan saturasi oksigen (pengukuran dari jumlah oksigen yang dibawa alias dilarutkan dalam media tertentu) lebih dari 3%.

2. Kondisi Fisik
Terkadang kondisi tubuh yang 'tidak normal' bisa membikin Kamu rutin tersadar di tengah malam alias pagi buta. Persoalan pada pencernaan bisa membangunkan Kamu di malam hari apabila Kamu terlalu tak sedikit makan sebelum tidur. Berbagai persoalan kejiwaan semacam kecemasan berlebihan alias bipolar disorder juga diketahui sehingga penyebab seseorang mudah tersadar di sela-sela tidurnya.

Pembesaran prostat pada pria juga bisa membikin dia terjaga di malam hari sebab tak sedikitnya frekuensi buang air kecil. Berbagai perawatan medis, semacam obat untuk tekanan darah tinggi alias tipe obat yang bersifat diuretik (menambah buang air kecil) juga bisa mengganggu jam tidur di malam hari.

3. Faktor Lingkungan
Keadaan lingkungan sangat memengaruhi nyenyak/tidaknya tidur Anda. Bias cahaya yang masuk dari luar rumah ke kamar bisa membikin Kamu tersadar tanpa sadar. "Terkadang cahaya yang menembus tirai jendela kamar bisa sehingga persoalan. Sehingga sebaiknya Kamu pakai tirai berbahan tebal untuk menanggulanginya," kata James.

Begitu juga dengan cahaya lampu yang menembus lewat lubang di bawah pintu kamar, alias dari sirine jam dan layar LCD device/tablet Anda. Matikan semua peralatan elektronik sebelum tidur, alias tempatkan barang-barang yang berpotensi memunculkan cahaya jauh dari tempat tidur.

Suara dari kendaraan bermotor alias aktivitas orang di tengah malam juga bisa menyela waktu tidur. Apabila suara-suara sekecil apapun bisa membikin Kamu terbangun, sebaiknya pasang karpet peredam suara alias musik instrumental yang bisa menyamarkan suara mengganggu dari luar.

Nah, untuk menanggulangi faktor diatas dan membikin kamu tidur nyenyak bisa diperbuat berbagai faktor semacam dibawah ini:

1. Tak tidur siang terlalu lama (rekomendasi dokter, maksimal 45 menit)
2. Hindari makan terlalu tak sedikit dan berat menjelang tidur
3. Hindari minum alkohol
4. Hindari Kafein
5. Hindari makanan yang berbahan tomat dan pedas
6. Hindari mengkonsumsi Daging Merah menjelang tidur.
7. Keadaankan ruangan dan kasur kamu seenjoy mungkin.
8. Minumlah susu hangat alias teh hangat 1 jam menjelang tidur

Nah, itulah berbagai info mengenai posisi tidur dan faktor yang membikin tidur enjoy saat ini. Apabila ada info yang mungkin sempat kamu perbuat dan bekerja, bisa komen dibawah untuk segera kami update demi penyempurnaan tulisan ini.